Menunggu Akselerasi Kawasan Barelang Sebagai Salah Satu Ikon Batam

Senin, 06 April 2009 ·

Barelang singkatan dari Batam Rempang Galang. Kata ini identik dengan sebuah jembatan yang menghubungkan antara pulau batam, pulau rempang serta pulau galang. Setiap orang yang baru pertama datang ke batam pasti akan menuju ke jembatan ini, tepatnya lagi jembatan yang pertama. Saat pertama melihat, orang akan menjadi berpikir lama bagaimana jembatan sebesar ini bisa dibuat dengan model yang seperti ini. Memang dilihat sekilas jembatan ini membuat orang yang datang akan sedikit kagum sekaligus bangga, Indonesia ternyata punya!!


Dari sini kita bisa melihat laut dengan sekia banyak pulau – pulau kecil dibawahnya. Lelah yang tadi melekat hilang begitu saja ketika melihat pemandangan laut yang masih alami , ditambah lagi kita bisa melihat lalu lalang kapal motor nelayan yang lewat dibawah jembatan ini. Satu kata terucap “ Indonesia…disini engkau ternyata….”. Ya memang benar, kita tidak harus minder tatkala melihat singapura dengan gedung – gedung pencakar langitnya, kita bangsa Indonesia punya sesuatu yang lebih, yang hampir tidak mungkin dimiliki oleh negara lain, salah satunya ada di sini..di Batam!!

Itu beberapa hal tentang keberadaan jembatan barelang saat ini. Ada beberapa hal yang menarik untuk bisa ditindak lanjuti. Batam dikenal dengan industrinya. Banyak sekali kawasan industri di batam sebut saja, Batamindo, Panbil, Kabil, daerah Batu Ampar, Tanjung Uncang dan masih banyak lagi. Mulai dari industri manufacture elektronik sampai industri galangan kapal ada di sini. Semuanya rata – rata adalah PMA. Tentu banyak tenaga kerja asing yang tinggal di batam selain keberadaan tenaga kerja lokal yang berasal dari seluruh penjuru indonesia. Hererogen memang, justru inilah batam bisa jadi Indonesia kecil.


Dari uraian tersebut tersirat potensi, ada beberapa yang sudah mulai berjalan dan ada yang belum tergarap. Kembali ke kata barelang. Rutinitas kerja kadang membuat penat pikiran. Orang akan mencari sesuatu yang beda ketika libur atau katakanlah akhir pekan. Kawasan barelang mempunyai potensi untuk menjawab semua hal tersebut. Barelang menunggu sebuah percepatan pembangunan tingkat lanjut untuk bisa menjadi ikon wisata batam di Indonesia serta untuk bisa dikenal di manca negara. Ini bukan hal yang mustahil. Barelang menunggu akselerasi wisata alam ( laut, pantai serta banyaknya pulau – pulau kecil ), kuliner, olah raga serta kawasan perniagaan hasil laut. Jawabannya sangat mungkin. Kita tunggu saja ..semoga.

1 komentar:

Mak tratap mengatakan...
8 April 2009 pukul 19.33  

kayaknya saya kenal

bisnis internet hemat dan murah

About this blog

..Impossible is Nothing...



Sponsor

 
Indonesian Muslim Blogger Buy and sell Text Links Paid Review Indonesia