Rabu, 08 Oktober 2008 ·

“Aku” Di Atas Tebing
Oleh : M.Ma’shum


Kini Aku berada di atas tebing yang tinggi
Ku bias melihat semua yang ada di bawah sana
Ku bisa menghirup udara yang sangat segar
Ku bisa melihat indahnya matahari terbit
Ku bisa melihat gumpalan awan di bawah sana
Ku bisa merasakan apa yang selama ini belum pernah aku rasakan

Kemudian ada orang bertanya kepadaku
Dari mana asalku?
Aku menjawab aku dari bawah sana.
Kemudian bertanya lagi bagaimana bisa sampai di tempat ini?Padahal banyak binatang buas di hutan lereng ini.

Aku berjalan dari lereng, menyusuri jalan yang terjal, licin. Aku melewati sungai, air terjun, aku memakan dedauan untuk bisa hidup. Aku berlari, bersembunyi menghindari kejaran anjing hutan, aku berlindung di pepohonan dari hujan. Aku menahan rasa dingin yang teramat sangat ketika malam & hujan.

Bertanya lagi kepadaku, sebegitunya kah penderitaan ku saat itu?
Aku menjawab, Semua adalah sebuah proses, kalau aku menganggap ini adalah suatu penderitaan, maka aku tak akan ada di tempat ini sekarang, mungkin aku masih ada di bawah sana yang hanya bisa memandang ke atas yang sebetulnya ingin sekali keatas.

Dalam sebuah proses ada sesuatu yang akan kita tahu tentang banyak hal. Aku jadi banyak tahu tentang bermacam – macam pepohonan yang tidak akan diketemukan di bawah sana, aku jadi tahu indahnya kicauan burung, aku jadi tahu bermacam – macam bunga, aku jadi tahu segarnya air yang mengalir tak henti – hentinya tanpa harus membeli.Aku jadi tahu bermacam – macam ciptaan yang maha kuasa. Aku jadi tahu akan kebesarannya. Aku jadi sadar begitu kecilnya aku. Aku jadi tahu begitu besarnya kuasa Illahi. Aku jadi tahu bagaimana indahnya rasa syukur. Aku jadi tahu bahwa susah, senang, kaya, miskin, menderita, bahagia dan banyak lagi adalah sebuah hiasan dunia yang harus kita sikapi dengan tetap rasa syukur karena kesemuanya itu pasati ada hikmah yang tak ternilai. Kita hanya manusia biasa, kesombongan bukanlah milik kita.

Kemudian ditanyalah lagi siapa sebenarnya “Aku”?
Kemudian aku menjawab “Aku” adalah sebuah angan – angan yang ingin kugapai.

0 komentar:

 
Indonesian Muslim Blogger Buy and sell Text Links Paid Review Indonesia